QAWAID FIQHIYYAH

QAWAID FIQHIYAH
A.      Pengertian kaidah fikih
Al- qawaid al-fiqhiyah merupakan rangkaian kata yang terdiri dari lafazd al-qawaid dan al-fiqhiyah dalam ilmu nahwu susunan ini disebut rangkaian bayani berupa na’at manut yangmana kalimat setelahnya sebagai penjelas kalimat sebelumnya.
Al-qawai’id adalah bentuk jamak dari al-qa’idah. Secara etimologi al-qawaid ialah pondasi semntara definisi terminnologi al-wqawaid menurut attaftazani ialah.
"القاعدة حكم كلي ينطبق على جزئياته ليتعرف أحكامها منه"
“qaidah adalah ketentuan umum yang mencakup masalah masalah partikular( juz’iyyah yang berada dalam naungannya) yang dimaksudkan untuk mengetahui status hukum kasus-kasus spesifik itu”[1]
Sedangkan definisi qaidah fiqhiyah menurut ulama’ ialah
حكم كلي فقهي ينطبق على جزئيات عديدة من أبواب مختلفة
“Hukum fiqih yang universal yang mencakup masalah-maslah partikular dari berbagai bab yang berbeda-beda”[2]
 Menurut abdul aziz muhammad azzam, terdapat tiga ciri yang menjadi trade mark kaidah yaitu:
a.       Sebuah kaidah mempunyai partikular selaku objek yang dicakupnya.
b.      Pada dasarnya, cakupan sebuah kaidah adalah komprehensip dan total mencaku setiap partikular yang berada dalam naungannya. Bahkan, sisi universalnya juga mencakup satuan baru yangbisa saja terus tumbuh.
c.       Kaidah berfungsi menyingkap hukum juziyat yang berada dalam naungan kaidah bersangkutan.[3]
B.      Kegunaan belajar kaidah fikih
Menurut abdurahman al-sya’laniy  beberapa fungsi kaidah fiqih adalah:
a.       Dengan bahasa kaidah fikih yang ringkas, sehingga mudah untuk dipelajari dan dihafalkan oleh siapapun untuk mengetahui hukum-hukum furu’iyah yang banyak.
b.      Menghindarkan dari pemahaman yang bertentangan antara satu persoalan dengan persoalan lain.
c.       Sangat membantu untuk mengetahui status hukum beragam persoalan kontemporer yang belum mendapat ketentuan hukum dari ulama terdahulu.

C.      Perbedaan antara kaidah fikih dan kaidah ushul
NO
Kaidah fikih
Kaidah ushul (ushul fiqh)
1
Dibentuk dari fikih
Dibentuk dari nash
2
Terkadang memiliki hal-hal yang dikecualikan[4]
Tidak memiliki hal-hal yang dikecualikan
3
Khusus untuk fikih saja
Mencakup dan umum untuk hukum-hukum syar’i[5]

4
Yang dimaksudkan untuk aktifitas mukallaf diperuntukkan untuk aktifitas mukallaf
Suatu yang dibahas untuk aktifitas mukallaf dibahas pada dali-dalil hukum[6]

D.      Sumber-sumber kaidah fikih.
Kaidah-kaidah fikih sebenarnya bagaikan pengikat dari masalah-masalah fikih yang bertebaran dibab-babnya masing-masing. Dan kaidah fikih diambil dari fikih itu sendiri.
Masalah-masalah fikih yang telah dijadikan kaidah, kemudian dibukukan  para ulama’ berdasarkan mazhab mereka. Rinciannya sebagai berikut:
a.       Sumber-sumber rujukan kaidah fikih mazhab hanafi
1.       Ushul al- karakhiy
2.       Ta’sisu al-nazar karangan abu zaid al-dabusiy
3.       Al-asybah wa al-nazhair karangan ibnu nujaim
4.       Khatimatun majami’u al-haqa’iq karangan sa’id khadimiy
5.       Qawaid al-majallatu al-ahkam al-adliyyah karangan ulama’ negara ustmaniyah
6.       Al- faraidu al-bahiyyah fi al-qawai’idi al-fiqhiyyah karangan ibn hamzah al-husainiy
7.       Qawaidu al-fiqh karangan al-mujaddidiy
b.      Sumber-sumber rujukan kaidah fikih mazhab maliki
a.       Ushul al-futya fi al–fiqh ‘ala mazhab al-imam malik karangan as’ad al-khusyniy
b.      Al-furuq karangan al-qarafiy
c.       Al-qawa’idu karangan al-maqarriy al-maliki
d.      Idhah al-masalik ila qawaid al-imam malik karangan al-winsyarisiy
e.      Al-is’af bi al-thalab mukhtashar syarh al-manhaj karangan al tawaniy
c.       Sumber-sumber rujukan kaidah fikih mazhab syafi’i
a.       Qawaid al-ahkam fi mashalih al-anam  izzudin bin abdissalam
b.      Al-asybah wa al-nazhair karangan ibnu wakil al-syafi’i
c.       Al-majmu’ al-mudzhab fi qawaid al-mazhab karangan al-ala’iy
d.      Mukhtashar qawa’id al-ala’iy karangan tajuddin ibnu al-subkiy
e.      Al-mantsur fi tartib al-qawa’id al-fiqhiyyah  karangan al-zarkasiy
f.        Al-asybah wa al-nazha’ir karangan ibnu mulaqqin
g.       Syarhu qawa’id al-zarkasiy karangan sirajuddin al-abbadiy
h.      Al-qawa’id karangan abubakar al-hushniy al-syafi’y
i.         Al-asybah wa al-nazhair karangan al-suyuti
j.        Al-istigna’ fi al-farqi wal al-ististna’ karangan badruddin al-bakriy
d.      Sumber-sumber rujukan kaidah fikih mazhab hambali.
a.       Al qawa’id al-nuraniyyah al-fiqhiyyah karangan ibnu taimiyah
b.      Al-qawaid al-fiqhiyyah karangan ibnu al-qadhi al-jabal
c.       Tafriq al-qawa’id wa tahrir al-fawa’id karangan ibn rajab al-hambaliy
d.      Al-qawa’id al-kulliyyah wa al-dhawabithu al-fiqhiyyah karangan ibn abdul hadi
e.      Qawaid majallah al-ahkam al-syar’iyyah ‘ala mazhab al-imam ahmad bin hanbal karangan ahmad bin abdillah al-qariy al-hanafiy




[1] التطبيقات الفقهية لقاعدة اليسير مغتفر في البيوع (2/ 3)

[2] شرح منظومة القواعد الفقهية (ص: 6)

[3] Abdul aziz muhammad azzam, al qawaid al-fiqhiyah, kairo: dar al-hadist, cet.1, 2005, hlm.13
[4] رسالة جامعة في أصول الفقه (ص: 108)

[5] شرح منظومة القواعد الفقهية للشيخ السعدي رحمه الله تعالى (ص: 5)
[6] رسالة جامعة في أصول الفقه (ص: 108)

cahaya islam

Saya lahir di palembang Jenjang pendidikan Sd 168 rantaubadak Smp n 3 merlung Aliyah as'ad jambi S1 muamalah S2 hukum ekonomi syari'ah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama