QAWAID FIQHIYAH
A.
Pengertian kaidah fikih
Al- qawaid al-fiqhiyah merupakan rangkaian
kata yang terdiri dari lafazd al-qawaid dan al-fiqhiyah dalam ilmu nahwu
susunan ini disebut rangkaian bayani berupa na’at manut yangmana kalimat
setelahnya sebagai penjelas kalimat sebelumnya.
Al-qawai’id adalah bentuk jamak dari
al-qa’idah. Secara etimologi al-qawaid ialah pondasi semntara definisi
terminnologi al-wqawaid menurut attaftazani ialah.
"القاعدة حكم كلي ينطبق على جزئياته ليتعرف
أحكامها منه"
“qaidah adalah ketentuan umum yang mencakup
masalah masalah partikular( juz’iyyah yang berada dalam naungannya) yang
dimaksudkan untuk mengetahui status hukum kasus-kasus spesifik itu”[1]
Sedangkan definisi qaidah fiqhiyah menurut
ulama’ ialah
حكم كلي فقهي ينطبق على جزئيات عديدة من أبواب
مختلفة
“Hukum fiqih yang universal yang mencakup
masalah-maslah partikular dari berbagai bab yang berbeda-beda”[2]
Menurut abdul aziz muhammad azzam, terdapat
tiga ciri yang menjadi trade mark kaidah yaitu:
a.
Sebuah kaidah mempunyai
partikular selaku objek yang dicakupnya.
b.
Pada dasarnya, cakupan
sebuah kaidah adalah komprehensip dan total mencaku setiap partikular yang
berada dalam naungannya. Bahkan, sisi universalnya juga mencakup satuan baru
yangbisa saja terus tumbuh.
B.
Kegunaan belajar kaidah
fikih
Menurut abdurahman al-sya’laniy beberapa fungsi kaidah fiqih adalah:
a.
Dengan bahasa kaidah fikih
yang ringkas, sehingga mudah untuk dipelajari dan dihafalkan oleh siapapun
untuk mengetahui hukum-hukum furu’iyah yang banyak.
b.
Menghindarkan dari pemahaman
yang bertentangan antara satu persoalan dengan persoalan lain.
c.
Sangat membantu untuk
mengetahui status hukum beragam persoalan kontemporer yang belum mendapat
ketentuan hukum dari ulama terdahulu.
C.
Perbedaan antara kaidah
fikih dan kaidah ushul
NO
|
Kaidah fikih
|
Kaidah ushul (ushul fiqh)
|
1
|
Dibentuk dari fikih
|
Dibentuk dari nash
|
2
|
Terkadang memiliki hal-hal yang
dikecualikan[4]
|
Tidak memiliki hal-hal yang
dikecualikan
|
3
|
Khusus untuk fikih saja
|
Mencakup dan umum untuk hukum-hukum
syar’i[5]
|
4
|
Yang dimaksudkan untuk aktifitas mukallaf
diperuntukkan untuk aktifitas mukallaf
|
D.
Sumber-sumber kaidah fikih.
Kaidah-kaidah fikih sebenarnya bagaikan
pengikat dari masalah-masalah fikih yang bertebaran dibab-babnya masing-masing.
Dan kaidah fikih diambil dari fikih itu sendiri.
Masalah-masalah fikih yang telah dijadikan
kaidah, kemudian dibukukan para ulama’
berdasarkan mazhab mereka. Rinciannya sebagai berikut:
a.
Sumber-sumber rujukan
kaidah fikih mazhab hanafi
1.
Ushul al- karakhiy
2.
Ta’sisu al-nazar karangan
abu zaid al-dabusiy
3.
Al-asybah wa al-nazhair
karangan ibnu nujaim
4.
Khatimatun majami’u
al-haqa’iq karangan sa’id khadimiy
5.
Qawaid al-majallatu
al-ahkam al-adliyyah karangan ulama’ negara ustmaniyah
6.
Al- faraidu al-bahiyyah fi
al-qawai’idi al-fiqhiyyah karangan ibn hamzah al-husainiy
7.
Qawaidu al-fiqh karangan
al-mujaddidiy
b.
Sumber-sumber rujukan
kaidah fikih mazhab maliki
a.
Ushul al-futya fi al–fiqh
‘ala mazhab al-imam malik karangan as’ad al-khusyniy
b.
Al-furuq karangan
al-qarafiy
c.
Al-qawa’idu karangan
al-maqarriy al-maliki
d.
Idhah al-masalik ila qawaid
al-imam malik karangan al-winsyarisiy
e.
Al-is’af bi al-thalab
mukhtashar syarh al-manhaj karangan al tawaniy
c.
Sumber-sumber rujukan
kaidah fikih mazhab syafi’i
a.
Qawaid al-ahkam fi mashalih
al-anam izzudin bin abdissalam
b.
Al-asybah wa al-nazhair
karangan ibnu wakil al-syafi’i
c.
Al-majmu’ al-mudzhab fi
qawaid al-mazhab karangan al-ala’iy
d.
Mukhtashar qawa’id
al-ala’iy karangan tajuddin ibnu al-subkiy
e.
Al-mantsur fi tartib
al-qawa’id al-fiqhiyyah karangan
al-zarkasiy
f.
Al-asybah wa al-nazha’ir
karangan ibnu mulaqqin
g.
Syarhu qawa’id al-zarkasiy
karangan sirajuddin al-abbadiy
h.
Al-qawa’id karangan
abubakar al-hushniy al-syafi’y
i.
Al-asybah wa al-nazhair
karangan al-suyuti
j.
Al-istigna’ fi al-farqi wal
al-ististna’ karangan badruddin al-bakriy
d.
Sumber-sumber rujukan
kaidah fikih mazhab hambali.
a.
Al qawa’id al-nuraniyyah
al-fiqhiyyah karangan ibnu taimiyah
b.
Al-qawaid al-fiqhiyyah
karangan ibnu al-qadhi al-jabal
c.
Tafriq al-qawa’id wa tahrir
al-fawa’id karangan ibn rajab al-hambaliy
d.
Al-qawa’id al-kulliyyah wa
al-dhawabithu al-fiqhiyyah karangan ibn abdul hadi
e.
Qawaid majallah al-ahkam
al-syar’iyyah ‘ala mazhab al-imam ahmad bin hanbal karangan ahmad bin abdillah
al-qariy al-hanafiy